Nikmat Sehat

Akhir pekan lalu saya sudah punya rencana ke luar kota. Tulungagung, lebih tepatnya. Iya, acara kali ini sama seperti minggu sebelumnya: menghadiri undangan pernikahan. Tiket kereta sudah dibeli, hotel sudah dipesan, pokoknya sudah tinggal nunggu waktu berangkat di Sabtu malam.

Tiba-tiba Kamis malam Yoga batuk-batuk. Mendengar tipe batuknya sih udah kerasa ya kalau pasti bakalan sakit nih. Eh bener, Jum’at sore dia bilang demam dan mau langsung pulang cepet. Biasanya dia memang nunggu saya nyamper ke kantornya, ya sekitar jam 7-an gitu deh, trus baru kita pulang bareng. Kali ini karena dia udah bilang sakit jadi akhirnya dia pulang duluan.

Malam itu pas pulang kantor saya mendapati kondisi apartemen gelap gulita. Saking ga enak badan, dia pas pulang udah ga kuat ngapa-ngapain lagi jadi langsung tidur, bahkan tanpa menyalakan lampu. Pas saya pegang badannya, ternyata demam tinggi! Saya ajak ke dokter malam itu juga, dia ga mau. Maunya besok pagi saja. Ya sudah, akhirnya hanya dikompres dan minum paracetamol saja.

Sabtu pagi saya ajak dia ke dokter di Kalibata City. Kebetulan kita berdua cocok sama dokter di Kalcit itu. Kalau berobat di sana biasanya langsung sehat. Eeeh kali itu lagi ga beruntung, karena si dokter baru praktek jam 1 siang. Sambil menunggu, saya akhirnya nganter Yoga pulang dulu ke apartemen lalu cabut lagi buat ke.. Gambir!

Ngapain ke Gambir? Mau ngebatalin tiket pulang pergi yang udah dibeli. Saya baru tahu lho kalo kita bisa minta refund tiket, lumayan pula.. Uang kembali 75%-nya. Memang sih, dikembalikannya baru 45 hari kemudian. Bukan empat sampai lima hari kemudian, tapi bener-bener empat puluh lima hari! Gapapa, kita ikuti saja prosedurnya.

Selesai ngurus refund, saya jemput lagi Yoga dari apartemen buat dibawa ke dokter. Periksa punya periksa, si dokter bilang

“Bapak kena gejala tipes ya, Bu”

Saya sampai bengong. Hah! Kok bisa! Perasaan selama ini gaya hidup kita lumayan sehat. Kita berdua sama-sama bekal oatmeal buat makan siang, trus seminggu dua kali rajin olahraga. Iya, saya dan Yoga selalu menyambangi Gelora Bung Karno di Sabtu malam dan Minggu malam. Total-total, saya biasanya minimal lari 10 kilometer dalam seminggu, sementara Yoga lari 20 kilometer. Sudah begitu ternyata masih bisa sakit? Memang ya yang namanya malang tidak dapat ditolak.

Pulang dari dokter, Yoga masih demam tinggi. Seharian akhirnya dia ngeringkuk di kamar, saya sampai kasihan ngeliatnya. Kasihan plus kesepian. Biasanya ada temen ngobrol, becanda dan saling gangguin satu sama lain, eh kali ini dia lemes ngga bisa ngapa-ngapain. Untungnya walaupun bener-bener ngga nafsu makan, dia masih mau makan sesendok dua sendok, literally. Saya sih bilangnya “makan dikit ya, buat minum obat.”

Dua hari meringkuk di kasur sambil pakai sweater dan celana training, akhirnya di hari Minggu sore Yoga sudah kembali normal. Belum sepenuhnya pulih, tapi demamnya sudah hilang. Saya lega bukan main, soalnya kasihan dan ga tega lihat dia sakit dan diam saja. Minggu ini sih dia ngantor seperti biasa, walaupun sambil minum obat dan pulang cepat. Tetap saja sih, Alhamdulillah..

13 Comments to “Nikmat Sehat”

  1. semoga segera pulih buat suaminya ya mbak 🙂 aku pernah kena tipes, waktu itu bener-bener ambruk, megang sendok aja lemes, makan pun males banget mbak. sebulanan dulu pulihnya 🙂

  2. sehat-sehat semua ya kaaak, tetap semangat olahraga dan hidup sehatnya!
    oiya kalo masih 24 jam (atau lebih) sebelum berangkat juga bisa batalin dan refund tiket kereta secara online melalui apps KAI access kak 🙂

  3. Kenapa sih kalo aku baca ini selalu salfok

    “Untungnya walaupun bener-bener ngga nafsu makan, dia masih……………”

  4. Alhamdulillah. Kasian emg liat yg biasanya ceria, trs sakit.

  5. semoga mas yoga cepat pulih kembali ya mbak, memang paling berasa sepi kalo ada orang rumah yang sakit, kasian liatnya dan kita juga jadi kesepian berasa gak ada temennya,hehe

  6. semoga Bapak Yoga lekas sembuh, jaga kesehatan ya kalian berdua

    oya, dokternya cowok apa cewek? masih muda apa udah tua?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: