Setelah Lulus

Ga tau ya dengan alumni LPDP yang lain, tapi saya merasa bahwa setelah lulus saya bingung mau ngapain. Mau bikin perusahaan, saya bukan seorang yang berjiwa enterpreneur. Balik ke kantor lama jelas bukan opsi. Meneruskan hobi menari, ternyata di sini termasuk sulit karena faktor usia. Iya, sanggar-sanggar yang saya hubungi rata-rata hanya melayani usia sekolah. Aih, tua itu kok susah.

Kirim lamaran? Ok, let me tell you that finding a job is not as easy as counting one two three.ย Untuk seseorang dengan pengalaman seperti saya, atau istilahnya experienced hire, lowongan itu baru akan terbuka kalau ada yang resign atau ada pelebaran organisasi yang jadinya butuh tenaga kerja baru. Trus jangan sangka kalo ada lowongan dan saya apply trus udah pasti langsung ketrima. Seringkali apa yang dibutuhkan itu belum cocok dengan kualifikasi saya. Terbukti, beberapa kali saya sudah menjalani proses seleksi di dua bank di Indonesia, ternyata yang mereka butuhkan bukan saya.

Well, to be honest I have nothing to worry about. I mean, I’m not a breadwinner yet I have monthly wife allowance. But, I’m still the woman that need to be active, need to have something to do, activate my brain cell, contribute onto something. This, my friend, when something unpredictable happen. One day, I registered myself to a job seeker platform and clicked apply to a vacant position in startup company whose name I’ve never heard about. The day after, I got a phone call that invited me to have interview. Not long after that, only within days, I got an offering letter from them. WOW! That’s so quick!

Ya, jadi minggu ini saya langsung tanda tangan kontrak dan minggu depan akan sudah mulai aktif kerja. Total jendral ternyata saya hanya menganggur satu bulan sahaja. Alhamdulillah.

Startup, ini jelas pengalaman kerja baru banget buat saya. Belum pernah saya ada di lingkungan di mana satu kantor isinya kurang dari 1.000 orang, belum pernah saya kerja di kantor yang mengijinkan saya pakai celana jeans dan sepatu keds setiap hari. Belum lagi kalo dari sesi wawancara saya kemarin, CEO kantor ini orangnya menyenangkan, terbuka dan tak segan untuk ngobrol tentang topik apapun. Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh sang CEO ini bener-bener menarik dan mengundang saya untuk berpikir. Karena yang dia tanya bukan ke hard skill tapi lebih ke soft competency saya, dan ini beda banget dengan yang diajukan dalam wawancara di perusahaan-perusahaan lain yang sudah saya lalui.

I’m so looking forward to having fun in this new company ๐Ÿ˜€ย 

9 Comments to “Setelah Lulus”

  1. Wow ntar cerita2 yaa! Kyknya menarik!

  2. Wooow congrats yaaa! Semoga lancar dan cocok di kerjaan barunya ๐Ÿ™‚

  3. Congrats mba ๐Ÿ˜Š
    Semoga lancar dan sukses. Aamiin ๐Ÿ˜‡

  4. Waaah selamat yaa. Ditunggu cerita kerja di kantor barunyaa

  5. Kayaknya menarik…ayoo kapan kopdar nih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: