Dimasakin Makan Malam

“I’ll cook for you. Come to my place then I’ll make curry with chili and cheese. And you can try wearing my dress also.”

Begitu jawaban Sonam, teman sekelas saya yang berasal dari Bhutan pas ngobrol di tengah-tengah break kelas. Iyah, fokus saya kalo ngobrol sama temen bangsa lain itu bukannya cuaca, politik atau hal-hal penting lainnya. Tapi saya lebih sering nanya

“Makanan apa yang khas dari tempatmu?” 

20171116_2014411.jpg

Sonam ini salah satu teman yang ajaib. Dia bisa aja tiba-tiba kirim message nanya

“Putri, suggest me some topic for Impact. I’m stuck without any topic.”

Atau

“Boleh liat contoh outline yang kamu ceritain kemarin?”

Atau yang bener-bener random kayak begini:

“Kamu tau nggak? Kamu itu orang yang menyenangkan. Aku seneng deh jadi temenmu.” To be honest I was speechless for a good five minutes reading this message.

Ternyata Sonam serius dengan kata-katanya. Bukan, bukan kalimat yang dia bilang kalo saya ini temen yang baik, karena saya tahu bener kalo pendapat Sonam ini keliru. Kalo yang itu sumpah deh sampe sekarang masih bingung apa yang bikin ini anak bilang begini.

Maksud saya adalah: Sonam serius dalam hal mau masakin makan malam! Rejekiiiiii… Alhamdulillah! Ternyata nggak cuma saya, Sonam juga ngajak Rissa, temen sesama Kelurahan MIS. Trus saya mendadak inget kalo Por, temen Thailand saya, satu saat pernah nyeletuk kalo dia pengen kenalan sama Sonam karena Por menganggap Bhutan itu negara yang menarik. Saya trus minta ijin ke Sonam, boleh nggak ngajak Por juga. Ternyata diiyakan oleh Sonam. Asiiiik

Sesuai janji, hari Kamis malam berangkatlah saya, Rissa dan Por ke apartemen Sonam. Si Por sempet nyeletuk “I feel guilty. I don’t know her. Is it okaaay?”

Terbukti khan ternyata kekhawatiran Por itu ngga perlu, soalnya begitu kenalan trus kita semua bisa langsung ngobrol puanjaaang lebar. Bahas apa? Ya apa lagi kalo bukan ngegosipin dosen, hahahaaha

Begitu sampe apartemennya, kita semua langsung disuguhi teh dengan susu. Katanya itu memang adat Bhutan di mana begitu tamu duduk, ga pake basa-basi nanya mau minum atau enggak, si tamu langsung dikasih teh.

Milk tea habis, bukan berarti jamuan habis. Dia bikinin minuman kedua: teh, susu, garam dan mentega.

IMG_E8175

Suja, minuman khas Bhutan yang terbuat dari teh, susu, butter dan garam.

MENTEGA DAN GARAM? DI TEH?

Yeaaa, I hear you. Turned out the taste was great! I love it!

Beberapa jam setelah ngobrol, Sonam ngajakin saya ke kamarnya buat: nyuruh saya milih kira alias baju Bhutan mana yang mau saya coba pakai. Demi makan malam kali ini saya juga sengaja pinjem kostum Bhinneka buat dipakai sama Sonam.. yang hasilnya kedombrongan banget buat dia, hahaahaha!

Por dan Rissa juga sukses dipaksa Sonam buat milih kira mana yang mau dipakai.

20171116_2014251.jpg

IMG_E8184

Hi! My name is Ashi!

Note: Ashi means princess.

IMG_E8198

Three Bhutanese girls and one Indonesian lady

Setelah puas foto sana sini, tibalah waktunya buat makan. Sonam serius dengan kata-katanya. Dia masak berbagai menu: beef rib with chili and spinach, carrot with cheese and chili, potato with cheese, dan spinach curry with chili and cheese. Gileeee ini sepenuh hati banget dia masak. Udah gitu enak-enak banget pula semuanya.

Trus yang bikin agak sungkan juga ya, sehabis makan ternyata kita semua ngga dibolehin cuci piring. Chimi, teman serumah Sonam, dan Sonam berdua yang cuciin piring kita. Aduuuuh, ini mereka kok baik-baik amat sih. Belum lagi pas saya, Rissa dan Por pamit pulang ternyata dianterin sampe ke halte tram sama Chimi dan Sonam.

Sebelum akhirnya turun dari tram duluan, Por dengan muka jahil seperti biasa trus nyengir sambil bilang “Putri! Thank you for inviting me! I’m happy!”

Me too, guys. Me too.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: